RADIO HARMONI FM

  • REQUEST ONLINE

    Request pujian atau mengirimkan salam melalui Yahoo

  • DOWNLOAD APLIKASI

  • Streaming didukung oleh:





  • Kategori

  • Shoutbox


    Loading

    WP Shoutbox
    Name
    Website
    Message
    Smile
    :mrgreen::neutral::twisted::arrow::shock::smile::???::cool::evil::grin::idea::oops::razz::roll::wink::cry::eek::lol::mad::sad:8-)8-O:-(:-):-?:-D:-P:-o:-x:-|;-)8)8O:(:):?:D:P:o:x:|;):!::?:
  • FACEBOOK

  • TERBARU

Materi Talkshow : PERAN OMEGA 3 DAN OMEGA 6 BAGI TUBUH

Posted by Admin On July - 29 - 2014
Sudah dibaca :1654

 

Tema : PERAN OMEGA 3 DAN OMEGA 6 BAGI TUBUH

Narasumber:  Maria Dewi, AmG dan Sr Susana, SSpS, disampaikan dalam Talkshow Gizi dan Kesehatan di Radio Harmoni tanggal 24 Juli 2014

Omega-3-sources Omega 3 dan omega 6 merupakan termasuk dalam asam lemak, asam lemak merupakan sebuah ikatan karboksilat dengan ikatan alifatik yang dapat bersifat jenuh maupun tak jenuh. Asam lemak merupakan dasar pembangun lemak (lipid) dan merupakan komponen utama penyusun lemak.

Lemak termasuk dalam zat gizi begitu juga protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.  Lemak merupakan salah satu dari zat gizi yang dibutuhkan oleh manusia. Di dalam tubuh manusia, lemak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu lemak struktural dan lemak fungsional. Lemak struktural adalah bagian dari dinding sel sedangkan lemak fungsional berupa hormon steroid, prostaglandin dan timbunan lemak yang dapat dipakai sebagai cadangan energi.

Peran lemak adalah sebagai cadangan energi yang disimpan dalam tubuh dan menyediakan energi sebesar 9 kalori per gram, sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K dan penyedia asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Secara garis besar lemak terdapat 2 bentuk yaitu lemak padat yang berasal dari hewan dan lemak cair atau minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Di dalam makanan, lemak dapat tampak secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung misalnya pada babi, kambing, sapi, ayam dan minyak goreng, sedangkan tidak tampak biasa terdapat dalam biskuit.

 

Dalam 1 hari, Kebutuhan lemak total harian Orang Indonesia dianjurkan tidak melebihi 62 g, dimana total Lemak Jenuh nya tidak boleh melebihi 18g dan konsumsi kolesterolnya harus dibawah 300 mg/hari. Bahkan bagi mereka yang menderita penyakit hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi), asupan kolesterol yang berasal dari makanan tidak boleh melebihi 200 mg/hari. Oleh karena itu para penderita harus benar-benar memperhatikan asupan makanannya

 

Asam lemak diklasifikasikan/digolongkan menurut panjangnya rantai karbon dan jumlah ikatan gandanya. Berdasarkan  rantai panjang :

  1. Asam Lemak Rantai Panjang apabila rantai 12 atau lebih
  2. Asam Lemak Rantai Sedang apabila rantai  8 -10
  3. Asam Lemak Rantai Pendek apbila rantai kurang dari 8

 

Berdasarkan ikatan :

  1. Asam lemak tanpa ikatan ganda disebut asam lemak jenuh atau saturated,
  2. Asam lemak dengan ikatan ganda asam lemak tidak jenuh, bila ada satu  ikatan  ganda dinamakan asam  lemak tak jenuh tunggal atau Monounsaturated Fatty Acid (MUFA) , dan jika terdapat lebih dari satu ikatan ganda dikatakan asam lemak tak jenuh ganda atau Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA)

 

Asam lemak omega 3 dan omega 6 termasuk dalam asam lemak tidak jenuh karena memiliki lebih dari satu ikatan ganda. Dinamakan omega 3 menunjukkan ikatan rangkap pertama pada atom karbon ketiga dari ujung molekul atau posisi terakhir yaitu posisi omega (omega adalah huruf terakhir dalam alfabet Yunani). Demikian pula Omega 6 menunjukkan ikatan rangkap pertama pada atom karbon keenam dari ujung terakhir. Baik omega 3 maupun omega 6 merupakan asam lemak esensial yang artinya tidak dapat dibuat sendiri oleh manusia, dan harus didapatkan dari luar misalnya dari makanan

 

Yang termasuk kelompok omega 3 antara lain Asam Linolenat (LNA), Asam Eikosapentaenoat (EPA), dan Asam Dokosaheksaenoat (DHA), sedangkan yang termasuk kelompok omega 6 antara lain Asam Linoleat (LA) dan Asam Arakhidonat (AA).

Peran omega 3 dalam tubuh manusia adalah

  1. DHA

Berperan dalam fungsi dan perkembangan kognitif, fungsi dan perkembangan penglihatan, mengatasi peradangan, fungsi syaraf,  dan fungsi kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah)

  1. EPA

Berperan dalam mengatasi peradangan dan fungsi kardiovaskuler

  1. ALA

Mendukung status asam lemak esensial

Secara umum manfaat omega 3 adalah :

  1. Menambah daya ingat, kekurangan omega 3 pada orang dewasa akan menyebabkan kinerja dan fungsi otak akan menurun seperti hilangnya daya ingat dan penurunan fungsi otak lainnya
  2. Memelihara penglihatan mata

Sekitar 60% retina pada mata dibentuk oleh omega 3 dan akan mengakibatkan rabun pada mata jika kekurangan asupan

  1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Jika kekurangan asupan omega 3 maka kadar trigliserida dan LDL dalam darah akan meningkat sehingga mengakibatkan penimbunan lemak yang akan menutup saluran darah  dan berdampak tekanan darah tinggi. Omega 3 memperlancar peredaran darah sehingga terhindar dari penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan stroke. Omega 3 memiliki kemampuan dalam proses metabolisme lipid plasma, faktor pembekuan, trombose dan resistensi insulin

  1. Memperbaiki kondisi penderita diabetes karena omega 3 berperan dalam mempertahankan keseimbangan glukosa dan meningkatkan sensitifitas insulin
  2. Untuk ibu hamil dan janin

Omega 3 membantu perkembangan mental dan fisik janin, berperan dalam proses prtumbuhan dan perkembangan otak

  1. Mengatasi peradangan

Bagi lanjut usia, omega 3 dapat mengatasi peradangan pada persendian dan juga menjaga kesehatan kulit

  1. Nutrisi yang baik untuk otak

Omega 3 merupakan nutrisi yang diperlukan oleh otak untuk perkembangan membran sel pada sistem neurologis dari otak dan jalur sinyal

  1. Mengurangi depresi

Depresi dalam hal ini adalah depresi ringan, dimana dapat dikurangi dengan menggabungkan omega 3 dengan obat anti depresan

 

Sumber omega 3 dalam makanan antara lain :

  1. EPA dan DHA : ikan sarden, salmon, tuna, herring, dan mackerel.
  2. ALA : minyak canola, minyak kedelai, walnut, tofu

Bila seseorang tidak mendapatkan cukup omega 3 dalam diet mereka dapat pula mengambil suplemen omega 3. DHA terkandung juga dalam Air Susu Ibu, oleh karena itu perlu ASI Eksklusif pada bayi usia 0 -6 bulan, dan dilanjutkan pemberiannya hingga usia 2 tahun

 

Manfaat Kesehatan Omega 6 cukup banyak, antara lain :

  • Memasukkan omega 6 dalam diet sangat bermanfaat dan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan atherosclerosis (pengerasan arteri, karena pembentukan plak) dll.
  • Asam lemak esensial ini juga dikenal untuk mencegah penyakit degeneratif seperti arthritis, kanker, gangguan otak seperti depresi dan ADHD (gangguan perhatian defisit hiperaktif), serta gangguan pernapasan seperti asma.
  • Asam lemak omega 6 juga merupakan obat yang efektif untuk mengobati jerawat, , dan masalah kulit lainnya. Ini meremajakan sel-sel yang rusak, memperbaikinya dan meningkatkan fungsi mereka. Hasil akhirnya adalah Anda terlihat segar, dengan kulit yang bersinar dan sehat.
  • Omega 6 juga merupakan obat yang efektif untuk mengobati gangguan kulit seperti eksim dan dermatitis atopik.
  • Mengambil minyak primrose, yang merupakan suplemen omega 6,  bermanfaat bagi wanita, karena mengurangi keparahan sindrom pramenstruasi (PMS) gejala seperti lekas marah, nyeri payudara, sensasi kembung dan penumpukan cairan. Pada wanita menopause, itu mengurangi berkeringat di malam hari dan rasa panas.
  • Makanan yang mengandung omega 6 asam lemak membantu dalam meningkatkan thermogenesis (produksi panas dalam tubuh), mencegah kerusakan otot, menghilangkan kelelahan dan memperkuat tulang dan otot.
  • Manfaat omega 6 lainnya termasuk mencegah osteoporosis dan penyakit tulang lainnya, mengatur hormon dalam tubuh, dan juga membantu dalam metabolisme.

 

 Tidak di semua bahan makanan ada, asam lemak omega 6 banyak ditemukan dalam berbagai jenis minyak seperti minyak jagung, minyak bunga matahari, dan minyak kedelai, selain itu omega 6 juga dapat diperoleh pada suplemen makanan.

 

Apapun yang dipakai berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan. Meskipun asam lemak omega 6 adalah asam lemak esensial yang bermanfaat namun jika dikonsumsi lebih dari jumlah yang diperlukan dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan. Hal ini penting untuk menyeimbangkan asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam tubuh, karena keduanya memainkan peran yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Ketidakseimbangan dapat menyebabkan peradangan pada jaringan dan otot-otot dalam tubuh. Hal ini juga membuat tubuh lebih rentan terhadap hipertensi, penyakit jantung, gangguan autoimun, masalah pembekuan darah, dll. Hal ini juga dianjurkan bagi penderita kejang untuk menghindari mengkonsumsi suplemen omega 6 karena dapat menyebabkan kejang yang dapat semakin parah intensitasnya. Selain itu juga meningkatkan resiko kanker prostat karena dapat memicu pertumbuhan abnormal sel-sel tumor prostat.

 

Contoh menu lauk yang bisa disajikan dalam keluarga : Woku Ikan Tuna

  • 8 potong ikan tuna
  • 50 gr tomat iris
  • 5 batang daun bawang iris 2 cm
  • 5 ikat daun kemangi

Bumbu Tumbuk Kasar :

  • 10 buah cabai rawit atau sesuai selera
  • 3 cm kunyit panggang parut
  • Garam secukupnya

Bumbu Iris Halus :

  • 4 cm jahe iris halus
  • 5 batang serai ambil bagian putihnya iris halus
  • 10 lembar daun jeruk iris/gunting halus, buang dulu tulang daunnya
  • 1 lembar daun kunyit iris halus juga, buang juga tulangnya

 

Cara membuat :

  1. Bersihkan ikan
  2. Tumis bumbu tumbuk kasar dan bumbu iris halus, aduk hingga harum
  3. Masukkan tomat, masak hingga tomat mengeluarkan airnya
  4. Masukkan ikan, masak hingga matang
  5. Masukkan daun bawang dan daun kemangi aduk hingga layu
  6. Angkat dan sajikan

 

Bagi  pendengar yang masih memerlukan informasi lebih lanjut silahkan datang ke Polikllinik RSK Budi Rahayu untuk berkonsultasi dengan Dokter dan ke Poli Gizi Rumah Sakit Katolik Budi Rahayu untuk konsultasi gizi  yang beralamatkan di  jl. Ahmad Yani no 18 Blitar atau silahkan kunjungi web kami  www.budirahayu.com .

 

Pustaka

Emma Wirakusumah, Menu Sehat untuk Lanjut Usia, Jakarta, Puspa Swara, 2001

Instalasi Gizi dr Cipto Mangunkusumo dan ASDI, Penuntun Diet Edisi Baru, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2004

Solihin Pudjiadi, Ilmu Gizi Klinis pada Anak, Jakarta, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1996

 

Masukkan Email Anda:

Leave a Reply

Sekalipun tidak ada yang membela Anda, tapi jika Tuhan di pihak Anda, tidak akan ada yang bisa menjatuhkan dan melukai Anda.